Ranah Minang Kembali “Memanggil” Azhar “Pulang”

No Comments


Sebelum mengabdi selama 12 tahun di Polda Metro Jaya, AKBP Azhar Nugroho SH, S.IK, M.Si pernah tugas di Kota Padang. Beberapa waktu lalu, melalui surat telegram Kapolri nomor: ST/386/II/KEP/2020, ia dipercaya memimpin Polres Solok Arosuka.

AROSUKA, Maestroinfo—Dua belas tahun sudah AKBP Azhar Nugroho, SH, S.IK, M.Si mengabdikan diri di Polda Metro Jaya ibukota negara Jakarta. Sebuah kota besar dimana masyarakatnya didominasi sifat materealistis, hidup cenderung egois dan pandangan hidup yang jauh terbuka serta terkesan lemah dalam segi religius. 

Kini ia datang kembali untuk mengabdi di Ranah Minang (Sumatera Barat) yang berfilosofi adat basabdi syarak, syarak basabdi Kitabullah

Berdasarkan surat telegram Kapolri nomor: ST/386/II/KEP/2020 tertanggal 3 Februari, Azhar Nugroho dipercaya memimpin Polres Solok Arosuka menggantikan posisi AKBP Ferry Irawan S.IK.

Bagi Azhar, tanah Minang bukan daerah baru. Sebelum berkiprah di Polda Metro Jaya, pada tahun 2006 hingga 2008 ia pernah mengabdi di kota Padang sebagai Wakasat Intel Polresta Padang, Kapolsek Padang Timur dan Kapolsek Lubuk Begalung. Ia juga pernah mengemban amanah sebagai Kanit Tipikor Polda Sumbar.  

Bagi Azhar Nugroho yang mulai memimpin Polres Solok pada bulan Februari 2020 lalu itu, dengan diberi amanah mengabdi di Sumatera Barat, ia malah merasa seolah "pulang kampung".

"Akhirnya saya kembali melangkahkan kaki ke Sumbar, sebuah daerah yang selalu menghadirkan rindu sekaligus kesejukan dalam hati saya,” begitu bisik hati pria kelahiran Surabaya 13 Desember 1976 ini. 




Manakala pria lulusan Akpol tahun 1998 ini mulai kembali menginjakkan kaki di Ranah Minang, berbagai kenangan yang pernah diukir di daerah ini mulai bergelayut di pelupuk matanya. Bahkan tak jarang pula membuat ia tersenyum sendiri kala teringat peristiwa lucu yang pernah dilalui bersama sahabat dan kerabatnya di Ranah Minang.

Azhar terus terang mengaku bahwa rasanya bagi dia seperti baru kemarin berada di Sumbar ini. Kini di Kabupaten Solok yang disebutnya sebagai negeri nan indah itu, tak banyak yang diharapnya selain mengabdi dengan tulus.

Bahkan ia pun berjanji akan berbuat yang terbaik untuk dirinya dan Polres Solok dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh cinta, demi ketenangan dan kerukunan masyarakat.

Karena itu pulalah tak mengherankan bila ia banyak mencurahkan perhatiannya pada masyarakat, seperti melalui program saling berbagi di Jumat barokah. Bahkan tak mengherankan pula bila ia datang dengan memanggul sendiri bantuan yang hendak dibagi.

Di Kabupaten Solok ini AKBP Azhar Nugroho pun telah memasang tekad untuk menjalankan tugas dengan penuh amanah yang harus dipertanggungjawabkan kelak di hadapan Allah Azawajjalla. (F. Fahlevi)