Kapolres Solok Tetapkan Jorong Tabek Sebagai Kampung Tageh

No Comments


AROSUKA, Maestroinfo--Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok kini menjadi daerah yang sering diperbincangkan banyak kalangan. dan menjadi nagari (desa) yang terus mempertahankan keaslian alamnya.

Fakta membuktikan bahwa masyarakat setempat tak hanya sekadar menjaga kultur, mereka pun mampu menyulap kampungnya yang semula lebih dikenal kumuh kemudian menjelma menjadi nagari yang indah.

Semak belukar yang puluhan tahun “menghiasi” kampung itu kini pun berubah menjadi kawasan yang sedap di pandang mata. Jorong Tabek pun sukses menjelma laksana taman bunga yang mengitari lekuk kaki bukit Talang Babungo.

 

Keistimewaan yang dimiliki Jorong Tabek inilah menjadi salah satu ketertarikan Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho SH, S.IK, M.Si menetapkan Jorong Tabek sebagai Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 atau secara nasional biasa dikenal dengan Kampung Tangguh Nusantara.

Peresmian Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 telah dilakukan AKBP Azhar Nugroho bersama Bupati Solok H.Gusmal  SE, MM pada Jumat 7 Agustus 2020 jam 10.00 WIB.

Selain kapolres dan bupati, peresmian Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 ini juga dihadiri Kasat Lantas Polres Solok Iptu Hidayanda Rizki SH, Kasat Bimas Polres Solok AKP B Hariono SE, Danramil Lembah Gumanti Pelda Jeni Putra, Kapolsek Hiliran Gumanti Iptu Azirman SH, Camat Hiliran Gumanti Romi Hendrawan, S.Sos, M.Si, Kepala Puskesmas Hiliran Gumanti  Budi Erman, S.Kep, Wali Nagari Talang Babungo Hafizur Rahman.

Selain itu juga hadir Kepala Jorong Sekanagarian Talang Babungo, Ketua Pemuda Nagari Talang Babungo, personil Hiliran Gumanti, personel Koramil Lembah Gumanti , tokoh pemuda Nagari Talang Babungo, tokoh masyarakat Nagari Talang Babungo, Bundo Kanduang serta undangan lainnya. 

Dalam peresmian Kampung Tageh itu Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho mengatakan, kehadiran Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 tersebut merupakan wujud gotong royong masyarakat dalam menghadapi situasi seperti saat ini.

"Melalui Kampung Tageh, masyarakat tidak hanya membangun kesadaran bersama, tetapi juga saling bantu dan menguatkan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Azhar Nugroho. 

Sementara itu Kapolsek Hiliran Gumanti Iptu Azirman SH mengatakan, Kampung Tageh Rumah Gadang Covid-19 di Jorong Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti ini menitik beratkan pada empat aspek yang menjdi program ketahanan pangannya,  diantaranya bidang kesehatan yang terdiri dari pembentukan posko  kesehatan dan penerapan pola hidup sehat. 

Kemudian, bidang sosial ekonomi dilihat dari pembangunan softskill ketahanan pangan. Lalu bidang keamanan yang dilihat dari penerapan SOP penanggulangan kejahatan ringan dan pendirian pos keamanan untuk meningkatkan sistem keamanan kampung. 

Selain itu juga membentuk masyarakat akan waspada bahaya Covid-19, membangun solidaritas antar warga yang bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19, dan meminimalisir dampak sosial ekonomi karena Covid-19. 

“Kampung tangguh ini memiliki konsep ketahanan pangan yang  akan dapat dipanen di bawah umur 90 hari,” terang Iptu Azirman. (Fadilat. J)